Gambar Blog Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi Freelance

Tips & Trik

Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi Freelance

10 Sep 2022 18x

Bagikan:

Tau kah Anda? Di Era Digital saat ini ternyata generasi milenial lebih banyak yang memutuskan untuk memilih bekerja secara freelance dari pada harus kerja kantoran. Mereka beranggapan bahwa bekerja secara freelance itu lebih nyaman dan fleksibel. Karena di dunia kerja freelance lebih menawarkan pekerjaan yang lebih spesifik, hal ini juga sejalan dengan skill yang mereka miliki.

Dengan adanya pandemi kemarin, banyak yang mengeluh tentang sulitnya mencari pekerjaan, apalagi setelah pandemi datang. Tapi di Era Digital ini masih banyak potensi pekerjaan yang bisa kita lakukan, setidaknya gak totalitas nganggur juga, hehe.


Opsi yang bisa kalian pilih adalah menjadi seorang freelancer. Apa sih itu freelancer? Freelance Bisa dibilang pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang namun tetap memiliki ikatan kerja yang kuat terhadap perusahaan.

Jika anda tertarik untuk menjadi seorang Freelancer, Berikut ini adalah hal yang harus kalian siapkan.


Tips Yang Tepat Untuk Menjadi Seorang Freelancer


1. Bangun Personal Branding & Join Komunitas

Temukan informasi seputar freelancer dan project relevan, sharing terkait pengalaman. Selalu aktif untuk membuat konten sesuai bidang. Bisa saja ada berita seputar kebutuhan project yang relevan atau ajakan untuk berkolaborasi.


2. Tingkatkan Skills dan Kemampuan Spesifik

Ikuti kursus, seminar, baca buku atau artikel kemudian implementasikan. Setiap tahunnya tuntutan kriteria skill juga semakin banyak dan komplit. Untuk tetap bertahan meningkatkan kemampuan adalah hal yang harus dilakukan.


3. Latih Hal Teknis Tambahan

Selain hal expertise, kemampuan tambahan lain seperti design, copywriting, editing dan kemampuan teknis seperti membuat Proposal serta CV. Meskipun hanya tambahan terkadang hal tersebut juga menjadi pertimbangan konsumen. 


4. Buat Portofolio Dengan Project Results & Experience 

Mulai tawarkan project ke rekan terdekat atau berikan project dengan harga miring untuk awalan mengisi galeri portofolio karena konsumen pasti akan menilai dulu dari project yang telah kamu kerjakan sebelum mempertimbangkan untuk menggunakan jasamu. 


5. Kemukakan Kelebihan dan Poin Menarik Dari Jasamu

Biar orang lain punya pertimbangan lebih untuk menggunakan jasamu, tampilkan kelebihan dan poin unggulan yang bisa mereka dapatkan. Karena selling point tersebut akan menjadi pertimbangan mereka.


6. Tentukan Proporsi Harga

Sesuaikan harga jasa yang kamu sediakan dengan rataan harga yang ada dan kemampuan yang kamu miliki. Jangan sampai terlalu mahal atau terlalu jauh dari harga normal karena akan membuat orang curiga. 


7. Review Testimoni Klien 

Mintalah saran atau penilaian klien dari pekerjaan yang dibuat. Lalu analisis bagian yang harus diperbaiki dan ditingkatkan dari review mereka.


KESIMPULAN

Meski freelance menawarkan pekerjaan dengan waktu yang fleksibel, anda juga harus memasarkan skill anda. Ibarat berbisnis, tentunya akan terdapat persaingan juga.

Jadi bagaimana cara menjadi seorang freelancer yang sukses? Kamu bisa memulai dengan membangun personal branding dan gabung komunitas, meningkatkan skill dan kemampuan spesifik, melatih skill tambahan lain, membuat portofolio, menentukan harga dan meminta testimoni dari klien.

Jika anda sudah membaca Tips Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi Freelance diatas, apakah anda sudah tertarik untuk menjadi seorang frelance?

Miliki Website Impian Anda

Cuma Rp20.915/bln

Pembayaran Via BRI
Pembayaran Via BANK JAGO
Pembayaran Via SeaBank
Pembayaran Via DANA
Pembayaran Via LinkAja
Pembayaran Via OVO
Pembayaran Via GoPay
Pembayaran Via ShopeePay
Pembayaran Via PayPal
Copyright © 2018-2022 #ARPATEAM All right reserved.